Apapun yang terjadi semua orang harus memohon Tao (Wejangan Suci Budha Chi kung)

4-c5a1a595濟公活佛的慈語

Wejangan Suci Budha Chi kung

「不管怎樣還是要修」

Apapun yang terjadi semua orang harus memohon Tao

不聞過是最大的病,不知恥是最大的辱。聞過則喜心領受,力行改過方賢哲。

Jika anda melakukan kesalahan tapi tidak mau mendengar kritikan orang lain, dan yang paling parah adalah kita tersinggung dan tidak merasa malu dgn kesalahan tersebut, sebaliknya jika ada yang mengkritik dan memberitahu kesalahan kita seharusnya kita merasa gembira dan menerimanya, dan selanjutnya kita memperbaiki kesalahan tersebut dengan seperti itu kita baru bisa menjadi orang suci.

 

不張人短不炫己長。受辱不怨受寵不驚。富貴不能淫,貧賤不能移,威武不能屈,方稱大丈夫。  

Kita seharusnya tidak boleh sembarangan membicarakan tentang kekurangan orang lain dan bila kita ada kelebihan pun kita tidak boleh menyombongkannya, jika ada orang yang menghina kita seharusnya kita tidak boleh membalas dan jika ada yang memuji kita seharusnya kita tidak boleh sombong, Untuk menjadi orang suci, kita tidak boleh tamak terhadap uang dan harus melakukan segala sesuatu sesuai dgn hati nurani, dan juga tidak boleh menindas orang jika kita punya kekuasaan yang lebih tinggi daripada yang lain.

 不茍且不偷安,不存儌倖。凡事反求諸己心,合理則進,不合理則退。

Kita tidak boleh mengerjakan sesuatu secara sembarangan atau asal-asalan tetapi kita harus selalu intropesksi diri kita jika melakukan sesuatu harus sesuai dengan hati nurani dan jika tidak sesuai dgn hati nurani jangan dikerjakan.

 

不以善小而不為,不以惡小而為之。善不積不足以成名,惡不累不足 以滅身。

Menjadi orang yang baik sesungguhnya adalah kita harus memulai berbuat kebaikan dari yang hal-hal yang kecil misalnya saat melihat ada sampah yang tercecer di jalan kita membantu memunggutnya, membantu orang tua yang sedang mengangkat barang yan berat, dan lain=lain. Bila kita melakukan kebaikan-kebaikan yang kecil tersebut setiap hari maka sedikit demi sedikit akan terkumpul menjadi banyak. Sehingga kita jangan memilih memilih kesempatan untuk berbuat baik sehingga barulah kita bisa dikenal oleh banyak orang sebagai orang yang baik hati, begitupula sebaliknya jika kita melakukan kejahatan walaupun itu kejahatan yang kecil tapi jika setiap hari dikerjakan juga akan menjadi banyak dan hal tersebut akan merusak reputasi kita

 

福緣善慶,禍因惡積。立定目標,真心實意往前衝。黑暗過後,就是黎明。守得真志,自然事事如意。懂嗎?  

Kalo kita banyak berbuat kebaikan maka kita akan mendapat keberuntungan tetapi kalo kita banyak berbuat kejahatan maka akan datang bencana, Dalam mencapai tujuan kita harus dengan menggunakan seluruh hati, kesungguhan hati dan kemampuan kita sehingga semuanya akan berjalan lancar dan sukses seperti pepatahnya mengatakan Habis gelap terbitlah terang. Sehingga kita bisa melewati segala kesulitan-kesulitan. Pahamkah?

1.你對上面的人盡忠,有人以為你諂媚前賢。不管怎樣,你還是要盡忠。

Terhadap orang lebih senior kita harus hormat dan setia, Tetapi kebanyakan orang akan berpikir negatif dgn menganggap kita berbuat hal tersebut hanya untuk mendapatkan keuntungan dari senior tersebut bukan meghormati dengan setulus hati, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus selalu hormat kepada para senior.

2.眾生無明,不明白道理,自私自利難渡化。不管怎樣,你還是要渡化他、教導他、勸化他。

Umat manusia yang belum paham dengan hakekat kebenaran akan sulit dilintas, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus melintasnya.

3.修道旅程中,受人家的毀謗、誤解,沒關係!不管怎樣,你還是要修。

Dalam pembinaan diri mungkin akan terjadi kesalahpahaman antar umat, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus membina diri.

4.你在傳道渡人當中,受到人家冷淡、委曲、不諒解;不管怎樣,你還是要修道。

Saat kita melintas umat dan menemui orang yang mempunyai pendapat yang berbeda dari kita, tetapi apapun yang terjadi , kita tetap harus membina diri.

5.今天你們都身擔天職,在講課當中,沒有人願意聽;不管怎樣,你還是要講,這是職責所在。

Sekarang kita sedang melakukan tugas dari langit sehingga sebagai seorang penceramah sehingga   walaupun saat berceramah banyak orang yang tidak mendengarkan ceramah tersebut, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus melakukan tugas sebagai penceramah.

6.你一件事情,老是做不好、學不來;不管怎樣,你還是要做、要學。

Dalam melakukan segala sesuatu dan menjumpai beberapa pekerjaan yang kita belum mampu mengerjakannya, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap berusaha melakukan yang terbaik dan harus mempelajarinya supaya bisa dikerjakan dengan baik.

7.一件事情的成功,是經驗的累積,不管有多大的壓力,你還是要成功。

Untuk mencapai kesuksesan walaupun mendapatkan banyak tekanan atau masalah, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus berusaha mencapai kesuksesan tersebut.

8.成全眾生,帶領眾生,眾生道親不配合你;不管怎樣,還是要領導,還是要成全眾生。

Saat membimbing dan memimpin umat manusia tetapi menjumpai umat yang tidak menurut bahkan bertentangan dengan kita, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus membimbing dan memimpin umat.

9.你能力強,遭受到人家的嫉妒;不管怎樣,你還是要貢獻你的才能。

Bila kemampuan kita sangat tinggi dan membuat banyak orang menjadi iri hati, tetapi apapun yang terjadi, tetapi tetap saja kita harus memberikan segala kemampuan yang kita miliki.

服務社會,開創道務,你會有許多阻礙力;但是,不管怎樣,你還是要服務社會,還是要開創道務。

Saat mau menyebarkan Tao dan melayani para umat pasti banyak sekali menemui masalah dan kendala, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus menyebarkan Tao dan melayani para umat.

你今天做一件好事,明天被人遺忘;不管怎樣,你還是要做好事。

Walaupun hari ini kita berbuat kebaikan dan keesokan harinya hal tersebut telah dilupakan, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus melakukan kebaikan.

人家不如意,你去安慰他,人家不領情,沒關係!不管怎樣,你還是要去安慰他。

Jika ada orang yang sedih hati dan kita berusaha menghiburnya tetapi dia tidak mau menerimanya, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus berusaha menghiburnya.

別人有過錯,你去規勸人家,人家不領情;不管怎樣,你仍要去規勸他。

Jika ada orang melakukan kesalahan dan kita berusaha menasehatinya tetapi dia tidak mau menerima, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus berusaha menasehatinya.

修道辦道過程中,老是修不好,毛病老是改不掉,脾氣老是一大堆,怨念老是發生。

人最怕互相縱容缺點,缺點不可姑息,不可縱容;不管怎樣,還是要修。

Selama membina dan belajar Tao semua sifat buruk sudah berusaha dirubah tapi belum ada perubahan, sifat-sifat yang jelek juga masih banyak, selalu mengeluh dalam segala hal, dan menjadi manusia sering bila berbuat kesalahan selalu menganggap remeh dan menganggap hal tersebut biasa, padahal kekurangan yang kita punya jangan terlalu dianggap biasa saja,  tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus membina diri dan belajar Tao.

修道不管環境再惡劣,同壇修道相處再怎麼不融洽;不管怎樣,還是要走你的修道旅程。

Membina diri terkadang di dalam lingkungan yang buruk dan berhubungan dgn orang-orang yang tidak cocok dengan kita, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus terus menjalankan pembinaan diri.

前賢有不對的地方,身為後學的,不管怎樣,你還是要輔助前 賢。

Walaupun senior kita pernah melakukan kesalahan dan kita sebagai junior, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus membantu dan mendukung senior untuk menjadi lebih baik.

修道辦天事,就是眾生事,不管怎樣,以道為前提,為眾生而著想。

Pembinaan diri adalah melakukan tugas langit dan untuk membantu semua umat manusia, tetapi apapun yang terjadi, kita harus mendahulukan tugas pembinaan diri dibandingkan dgn melakukan tugas atau urusan pribadi.

修道辦道,有意見不合,溝通不了;不管怎樣,還是要盡量溝通。

修道策劃道務,不怕意見不一,只怕溝通不夠。

Didalam membina dan melaksanakan Tao, adakalanya kita mempunyai pendapat yang berbeda beda dan membuat hubungan antar umat menjadi kurang baik, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus berusaha menjalin hubungan yang baik. Segala kegiatan di dalam mengembangkan Tao, tidak boleh takut jika ada perbedaan pendapat, yang harus ditakutkan adalah kurang baiknya komunikasi.

修道旅途,許多障礙、許多不如意。不管怎樣,就是要修、就是要衝。

Didalam pembinaan diri kita sering menghadapi berbagai halangan, dan hal hal yang tidak memuaskan, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus terus mengerjakannya.

做事要中規中矩,雖然不能得到滿意結果,不管怎樣,還是要中規中矩。

別忘了是修道人,不可有投機取巧的心態,要循規蹈矩去做;

做得正正當當,才可以稱為修道人、才可以稱為仙佛的化身、才可以稱為白陽的天使。

Setiap mengerjakan segala sesuatu kita harus sesuai dgn aturan, walaupun segala hasil yang didapat terkadang tidak sesuai dengan harapan kita, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus mengikuti aturan yang benar. Jangan lupa sebagai seorang pembina jangan selalu mengikuti kehendak hati sendiri dalam menjalankan segala hal, tetapi tetap harus mengikuti segala peraturan yang ada ; Seorang pembina harus melaksanakan segala sesuatu harus adil dan sesuai dg kebenaran, barulah bisa disebut sebagai pembina sejati dan baru bisa menjadi penjelmaan atau mewakili orang suci di masa pancaran putih.

大家都是道場的人才,道場的棟樑,不管怎樣,就是要把使命扛起來,全心全意的投入。

人與人之間要互相的提拔、互相的學習、互相的效法。

Walaupun semua orang adalah kader wadah ketuhanan yang berbakat, penggerak dari wadah ketuhanan, tetapi apapun yang terjadi, kita tetap harus menjalankan misi ketuhanan kita, dan harus melakukan segala sesuatu dengan sepenuh hati. Seseorang harus memberikan kesempatan kepada yang lain untuk menjadi kader, dan harus saling belajar satu sama lain.

當你一片至誠,一片好心,卻被別人誣陷,毀謗的時候,你得要振作、承受、接納。

只求我不辜負人,不求人家不辜負我,咱們要做到『無所求』。

Saat hati kita sudah merasakan kesungguhan hati dan penuh ketulusan, walaupun kita difitnah oleh orang lain, kita tetap harus menghadapi dan menerimanya dengan ikhlas. Kita sendiri harus hati hati untuk tidak menyia yiakan atau melupakan kebaikan orang lain, tapi tidak mengharapkan orang lain untuk mengingat segala kebaikan kita, kita harus berbuat segala sesuatu dengan ikhlas.

何謂道氣  師尊慈語

Apa itu hawa Ketuhanan ——– Welas asih Bapak Guru Suci

1.尊重互相 ( Saling menghormati satu sama lain)

2.互相研究 ( Saling berdiskusi satu sama lain)

3.互求進步 ( Saling berusaha untuk mencapai kemajuan)

4.互相關懷 ( Saling memperhatikan satu sama lain)

5.將心比心 ( Saling menempatkan diri kita di posisi orang lain sehingga bisa memaklumi dan memahami)

6.奉獻慈悲 ( Saling memberi dan berwelas asih)

7.各盡其職 ( Menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya)                                                     

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s